Minggu, 10 Januari 2010

Pengantar Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busyyang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Istilah “bisnis” setidaknya memiliki tiga penggunaan, tergantung cakupan—penggunaan umum (seperti ditulis di atas), penggunaan singular untuk merujuk pada suatu perusahaan atau korporasi, dan generalized usageuntuk merujuk pada sektor pasar tertentu, seperti “bisnis rekaman” atau “bisnis komputer”—komunitas pemasok barang dan jasa.
Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan sektor bisnis dimiliki oleh swasta, organisasi bisnis dibentuk untuk mendapatkan laba dan meningkatkan kemakmuran pribadi pemiliknya.
Orang-orang mengembangkan bisnis karena ingin berpartisipasi dalam aktivitas ekonomi. Dengan beberapa pengecualian seperti badan-badankoperasi, organisasi non-profit dan beberapa lembaga pemerintahan, bisnis ada untuk menghasilkan laba. Dengan kata lain, salah satu tujuan pemilik badan-badan usaha bisnis adalah untuk mencari untung atau laba sebagai imbalan finansial dari waktu, usaha dan kapital mereka. Prinsip ekonomi sebagai pedoman yang dipegang oleh pelaku-pelaku ekonomi dalam melakukan kegiatan ekonomi, mengarah pada meraih keuntungan semaksimal mungkin dengan mengeluarkan pengorbanan seminimal mungkin.
Bisnis dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara. Bisnis Jasa memberikanproduk yang intangible dan pada umumnya mempunyai perbedaan, walaupun kecil, dan persyaratan kapital/modal dibandingkan dengan manufaktur.Distributor mempunyai kebutuhan kontrol persediaan yang berbeda dibandingkan dengan retailer/eceran atau manufaktur.
Sebagian besar jurisdiksi hukum menyatakan bentuk bisnis yang berlaku, dan suatu bentuk hukum komersial telah berkembang untuk setiap jenisnya. Beberapa bentuk yang umum termasuk kemitraan, korporasi (juga disebut perusahaan terbatas), dan kepemilikan sendiri.
Sedangkan industri bisa terdiri dari sebuah kelompok bisnis yang bersangkut paut seperti bisnis perbankan atau industri otomotif. Definisi ini mirip dengan salah satu definisi “bisnis” dan oleh karena itu kata “bisnis” dan “industri” seringkali digabungkan satu sama lain atau dipakai sebagai sinonim satu sama lain. Sehingga seorang nelayan bisa menyatakan bahwa ia bekerja dalam bidang “bisnis perikanan” atau sedikit lebih hebat lagi: “industri perikanan”. Selain itu kata “perdagangan” bisa juga dipakai sebagai sinonim baik dari kata bisnis ataupun “industri” atau usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar